• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Ada Beberapa yang harus anda perhatikan sebelum berbisnis kontrakan atau kos kosan

Posted by Mayko-Sugianto on December 19, 2016
| Blog
| 0

Apakah Anda tertarik berbisnis rumah kontrakan atau bisnis rumah kos kosan. Bisnis ini memang  menggiurkan untuk dilakoni hanya dengan bermodalkan rumah kosong yang cukup banyak kamar anda setiap bulannya mendapat income dari yang menyewa kamar atau rumah anda . Secara umum, Keuntungan yang bisa diperoleh berkisar 8 – 10% per tahun, namun 8% per tahun pun sudah cukup.

berikut ada beberapa yang harus anda perhatikan sebelum berbisnis kontrakan atau kos kosan

berikut ada beberapa yang harus anda perhatikan sebelum berbisnis kontrakan atau kos kosan

Akan tetapi tak semua lokasi cocok untuk dijadikan rumah kontrakan atau kos-kosan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum terjun ke bisnis ini. Berikut penjelasannya:

Cek Lokasi
Anda dapat  memperhatikan lingkungan sekitar rumah kontrakan atau indekos . Apakah penuh atau kosong? Jika ternyata penuh, maka ada kesempatan bagi Anda untuk membuat rumah kontrakan atau indekos. yang ada di daerah tersebut karena tanah kosong dan sepi, Terlebih lagi jika di lokasi sekitar terdapat universitas ato perkantoran, tentu ini merupakan “lahan basah” bagi bisnis ini.

Harga
Anda bisa memantau berapa harga yang diberikan oleh pesaing Anda. Jangan memberikan harga yang terlampau mahal  dibandingkan  pesaing anda. Akan tetapi dengan fasilitas lebih, Anda juga bisa menaikkan harga sewa agar lebih menguntungkan.

Amati Pesaing
Perhatikan fasilitas yang diberikan pesaing kepada penyewa. Jika pesaing tidak memberikan fasilitas apapun, Anda bisa menambahkan beberapa fasilitas standar, seperti AC atau TV agar penyewa lebih senang.

Potensi pasar
Potensi pasar utama rumah kontrakan dan indekos adalah karyawan pusat perbelanjaan, mal, pabrik, perkantoran, atau mahasiswa. Anda dapat mencari data apakah ada potensi penambahan karyawan perusahaan, pabrik, atau mahasiswa di universitas yang berada di sekitar lokasi Anda. Bertambahnya karyawan atau mahasiswa, berarti ceruk pasar rumah kontrakan dan indekos juga membesar. secara logis pasti rumah yang anda kontrakan akan banyak peminatnya 

Buat Perhitungan
Jangan lupa hitung berapa pengeluaran yang dihabiskan untuk mengetahui berapa harga sewa yang dapat ditarik. Hitung pula pemasukan dan biaya pengeluaran, sehingga dapat terlihat seberapa besar keuntungan yang anda dapat setiap bulannya . Jika suatu ketika keuntungan Anda tidak sesuai dengan yang diharapkan, mungkin sudah saatnya Anda menaikkan harga sewa dari rumah anda .

Manajemen
Untuk rumah indekos, Anda harus menyiapkan manajemen yang membuat peraturan dan melayani kebutuhan para penyewa, mulai dari mencuci pakaian, menyetrika, memasak, sampai mengatur jam kunjungan.

Baca juga artikel lainnya yuk 

Tips dan cara yang mudah jika anda ingin menggeluti bisnis properti 

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu