• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Apakah Aman Membeli Apartemen dengan Status Tanah HPL

Posted by Julio-Garrido on May 24, 2016
| Blog
| 0

Apabila anda ingin membeli sebuah apartemen untuk hunian atau tempat tinggal, jangan lupa untuk mengetahui bagaimana status tanah yang dipakai oleh bangunan apartemen tersebut. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika status tanah apartemen yang akan dibeli berstatus Hak Pengelolaan Lahan (HPL), maka status kepemilikan apartemen anda akan menjadi tidak aman.

Mehplngapa bisa terjadi demikian? HPL hanya memberikan hak kuasa pengelolaan tanah kepada developer untuk mendirikan bangunan apartemen dilahan pihak ketiga dengan kurun waktu (Hak Guna Bangunan) HGB yang telah ditentukan. Oleh karena itu, developer hanya memperoleh ijin HGB HPL saja. Artinya, apabila sang pemilik tanah meminta kembali tanah tersebut karena masa HGB berakhir, maka anda sebagai penghuni apartemen akan merasa dirugikan akibat status tanah yang akan menjadi hak milik pihak ketiga.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka anda dapat memilih apartemen dengan status aman seperti HGB Hak Milik atau HGB Murni.  HGB Hak Milik merupakan status tanah yang sudah dimiliki oleh developer secara resmi. HGB Hak Milik juga harus dipertegas apakah tanah tetap milik developer atau menjadi pemilik unit apartemen (penghuni). Sementara itu, HGB Murni merupakan status kepemilikan tanah apartemen yang dimiliki oleh negara. Status tanah ini relatif aman jika dibandingkan dengan HPL karena jika negara meminta tanah kembali, maka negara akan memberikan ganti rugi sebesar 80% dari harga tanah HGB Murni tersebut.

Status tanah HGB di atas HPL bisa ditemukan di bekas Bandara Kemayoran, kawasan Senayan, dan Pulomas. Untuk memastikan bagaimana statusnya, Anda  bisa memeriksanya ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) setempat.

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu