• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Apakah Depresiasi Rupiah terhadap Dolar dapat Mempengaruhi Penjualan Properti

Posted by Julio-Garrido on May 1, 2016
| Blog
| 0

Sekitar pada tahun 1998, krisis moneter menghampiri negara Indonesia sehingga dampaknya sangat signifikan bagi perkembangan perekonomian di nusantara. Sektor perekonomian bangsa di bidang properti merupakan salah satu sektor yang terkena dampak dari krisis moneter tersebut. Bahkan dewasa ini, sektor properti juga dipengaruhi oleh tingginya nilai mata uang asing, terutama dolar terhadap rupiah. Mengapa dolar sangat berpengaruh terhadap bisnis properti yang ada di Indonesia?

apartemenPertama, adanya saham atau penanaman modal yang melibatkan mata uang $ (dolar). Seperti yang kita telah ketahui bahwa banyak perusahaan properti swasta sebagai developer yang mencari dan mendapat suntikan modal dengan meminjam atau melibatkan mata uang dollar AS. Peminjaman modal tersebut bisa bersumber dari bank-bank lokal maupun melibatkan lembaga keuangan asing. Mengapa hal tersebut dapat berdampak signifikan bagi penjualan properti? Hal tersebut akan terjadi apabila sang peminjam modal akan mengembalikan modal ketika kurs rupiah jatuh terhadap nilai mata uang dollar AS sehingga dapat mengakibatkan likuiditas perusahaan developer juga menjadi tidak stabil.

Kedua, harga jual properti akan mengalami peningkatan signifikan seiring dengan kenaikan nilai dolar terhadap rupiah. Hal tersebut diakibatkan oleh naiknya beberapa harga bahan bangunan yang masih di impor dari luar negeri, seperti besi konstruksi dan lift untuk apartemen. Harga yang semakin mahal akan mengurangi minat konsumen untuk membeli properti tersebut. Namun, walaupun depresiasi rupiah terhadap dolar semakin tidak terbendung, namun sektor properti masih dipandang sebagai salah satu bisnis yang menggiurkan. Hal ini ditandai dengan adanya perusahaan asing yang masih bersedia menanamkan sahamnya di sektor properti Indonesia.

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu