• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Beberapa cara yang ampuh mengatasi banjir jika rumah anda dekat dengan sungai

Posted by Mayko-Sugianto on December 2, 2016
| Blog
| 0

Bagi banyak orang, banjir adalah musuh utama saat musim hujan datang . Tidak hanya menjadi hambatan beraktifitas, banjir juga merugikan kita secara financial

Bayangkan berapa biaya yang harus di keluarkan jika rumah kita terkena banjir ? Untuk itu, anda harus mengantisipasinya . Apalagi jika tempat tinggal Anda masih menjadi langganan banjir akibat berdekatan dengan sungai

Bisa jadi rumah Anda tidak kebanjiran, tapi seluruh jalan di kompleks rumah terendam air.Jika rumah anda tidak mau mengalami  kebanjiran maka segeralah melakukan beberapa hal ini

beberapa cara yang ampuh mengatasi banjir jika rumah anda dekat dengan sungai

Beberapa cara yang ampuh mengatasi banjir jika rumah anda dekat dengan sungai

Meninggikan Rumah

Ini merupakan pilihan terakhir yang bisa di gunakan,  Proses peninggian rumah cenderung membutuhkan biaya besar dan  pengerjaan yang memakan waktu lama. Anda harus melakukan renovasi besar-besaran, karena harus membuat fondasi baru lagi untuk mencegah banjir yang akan datang

membuat biopori buatan 

buatlah beberapa biopori atau beberapa lubang kecil resapan air  dengan lebar sekitar 10 cm di tanah pekarangan rumah Anda.

Biopori berfungsi untuk menyerap air  sehingga dapat meminimalisir genangan di pekarangan rumah.

Cara membuatnya cukup mudah. Anda bisa melubangi pekarangan degan menggunakan bor tanah. Kedalamannya sekitar 100cm dengan jarak antar lubang 1 meter.

Semakin banyak lubang biopori yang Anda buat, genangan di pekarangan rumah semakin cepat meresap sehingga menghindari air masuk rumah.

 

Membuat Sumur Resapan

Sudah seharusnya setiap rumah memiliki sebuah sumur resapan karena hal itu diatur dalam regulasi rumah. Sumur resapan harus berada di lahan yang datar.

Jaraknya minimal lima meter dari tempat penimbunan sampah dan septic tank, dan minimal satu meter dari pondasi bangunan.

Diameter 80-100 cm, dengan kedalaman 1,5 m namun tidak melebihi muka air tanah. Dengan membuat sumur resapan, kemungkinan rumah Anda terendam banjir lebih kecil. Karena air hujan akan tertampung ke dalam sumur.

Maksimalkan Saluran Air

Hampir di setiap kompleks perumahan sudah terdapat saluran air. Masalahnya, hanya sedikit saluran air yang difungsikan dengan baik. Tumpukan sampah sering jadi biang keladi hal ini.

Karena itu, untuk persiapan menghadapi musim hujan anda harus membersihkan saluran air di rumah anda dan di area kompleks perumahan agar saluran air dapat berfungsi dengan baik.

Ajak sesama warga untuk bergotong royong membersihkan aliran air  sehingga hasilnya lebih berarti pada saat musim hujan tiba.

 

baca juga artikel lainnya yuk

cat tembok yang dapat memberikan efek ilusi 

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu