• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Rahasia Lelang Properti Apakah Aman Membeli Properti Melalui Lelang

Posted by Caeron on April 26, 2016
| Blog
| 0

Ketika anda membaca surat kabar seperti koran, mungkin anda pernah melihat kolom jual beli yang menawarkan lelang properti. Apa yang dimaksud dengan lelang properti tersebut? Lelang properti merupakan salah satu bentuk penjualan tanah dan rumah oleh pihak bank atau penyelenggara lelang yang telah dilegalkan oleh KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Lelang properti tersebut biasanya akan terjadi ketika pemilik rumah yang lama tidak mampu membayar kredit kepada pihak bank sehingga dilakukan penyitaan dan hasil sitaan tersebut dijual kembali ke konsumen melalui prosedur lelang.

Apa keuntungan yang bisa diperoleh jika anda membeli properti melalui proses lelang? Biasanya harga yang dibandrol akan cenderung jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. Namun, jika anda kurang berhati-hati, maka membeli properti melalui lelang tersebut dapat beresiko terkena masalah sengketa hukum. Oleh karena itu, supaya resiko dapat diminimalisir, pihak bank akan memastikan kelengkapan dokumen dan keabsahan properti melalui sertifikat tanah, IMB, maupun PBB sehingga jika ada pemilik rumah pertama yang masih mempertahankan rumahnya, anda dapat memiliki rumah tersebut dengan cara mengajukan surat pengosongan rumah melalui jalur pengadilan.

lelang propertiAman atau tidaknya membeli properti melalui lelang itu akan sangat tergantung pada tahapan atau proses lelang yang dilakukan. Apakah tahapan lelang dilakukan dengan baik dan benar atau tidak? Jika semuanya sudah berjalan dengan sempurna, maka proses lelang dapat dipastikan aman. Bagaimana tahapan atau proses lelang tersebut dilakukan? Pertama-tama, anda dapat memperoleh informasi lelang properti dari media massa atau informasi langsung dari kantor penyelenggara lelang. Jika informasi yang diperoleh dirasa cukup, anda dapat mendatangi balai lelang KPKNL yang tercantum dalam iklan tersebut.

Kedua, anda dapat mengecek secara langsung situasi dan kondisi rumah yang akan dilelang tersebut agar anda tidak tertipu dengan segala iming-iming yang diberikan oleh pihak lelang. Setelah deal dengan rumah yang akan dilelang tersebut, biasanya anda akan diminta untuk membayar uang jaminan sebesar 20% sampai dengan 50% dari harga jual yang ditawarkan kepada pihak konsumen. Kebijakan mengenai uang jaminan yang harus dibayarkan oleh peserta lelang akan sangat tergantung dari penyedia lelang yang sedang menyelenggarakan lelang tersebut. Apabila anda tidak memenangkan lelang karena ada penawaran yang lebih tinggi, maka uang jaminan akan dikembalikan. Konsumen yang berani membeli dengan harga tertiggilah yang akan berhak mendapatkan rumah lelang tersebut.

Jika anda terpilih sebagai konsumen pemenang dalam proses lelang tersebut, maka anda akan dituntut untuk melunasi seluruh pembayaran sisi dengan kurun waktu tertentu, biasanya paling lama tiga hari kerja. Setelah proses pelunasan berhasil, maka pihak KPKNL akan memberikan dana yang telah anda bayarkan tersebut kepada pihak bank sehingga akan keluar risalah lelang. Risalah lelang merupakan dokumen penting yang berupa akta jual beli rumah untuk mengurus perubahan nama pada sertifikat. Disamping itu, risalah lelang juga akan digunakan untuk membayar pajak transaksi jual beli tanah.

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu