• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Syarat dan Cara Pengajuan KPR

Posted by Caeron on April 26, 2016
| Blog
| 0

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah dapat menjadi salah satu solusi ketika anda tidak mampu untuk membeli rumah secara cash. KPR ini merupakan salah satu produk pembayaran rumah dengan cara kredit atau angsuran yang disepakati oleh konsumen dan pihak bank yang menyediakan produk KPR tersebut. Jika anda ingin mengajukan KPR, maka sediakan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK), Akta Nikah atau Akta Cerai
  • Sertifikat Hak Milik (SHM)
  • Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  • Slip Gaji (penghasilan anda per bulan)
  • Surat Keterangan Kerja (SKJ) atau surat bukti menjadi pegawai
  • Buku rekening tabungan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Jika belum komplit, lengkapi terlebih dahulu dokumen-dokumen tersebut dengan cara menghubungi pihak-pihak terkait. Jika dokumen anda masih kurang lengkap, jangan salahkan pihak bank jika pengajuan KPR anda ditolak mentah-mentah.

kprSetelah persyaratan-persyaratan diatas terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengajukan KPR tersebut.

Pertama, persiapkan semua dokumen pengajuan KPR seperti yang tertera pada paragraf ke-1.

Kedua, datang secara langsung kepada bank kesayangan anda kemudian kemukakan maksud anda pada customer service.

Ketiga, setelah maksud anda diutarakan dan pihak bank pun memahaminya, maka anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran peserta KPR yang disediakan secara khusus oleh pihak bank.

Keempat, pihak bank akan men-survey rumah serta menaksir harga rumah yang akan dibeli tersebut. Hal ini dilakukan supaya diketahui berapa jumlah pinjaman yang layak diajukan oleh pihak konsumen tersebut.

Kelima, persetujuan terhadap KPR yang telah diajukan akan diberitahukan kepada anda dalam kurun waktu beberapa hari setelah proses survey dilaksanakan.

Keenam, apabila pengajuan anda diterima, maka anda akan diberikan surat pemberitahuan tentang persetujuan KPR; namun apabila anda ditolak, maka berkas yang telah diajukan akan kembali ke tangan anda.

Supaya KPR anda dapat disetujui oleh pihak bank; maka sebaiknya anda memperhatikan dengan seksama tentang tips jitu untuk mengajukan KPR agar mudah disetujui. Pertama-tama, anda harus melengkapi Dokumen Persyaratan Kredit seperti yang telah didiskusikan diatas. Kedua, memperbaiki track record atau history kredit anda. Jika anda belum melunasi kredit anda sebelumnya atau selalu menunggak dalam pembayaran kredit-kredit sebelumnya; maka sebaiknya anda membereskannya terlebih dahulu karena kalau tidak diselesaikan, maka pihak bank akan menolak pengajuan KPR anda. Ketiga, sesuaikan jumlah cicilan pembayaran dengan gaji anda perbulan supaya anda tidak keteteran dalam membayar angsurannya. Keempat, jika ingin mencari bank yang cepat untuk memproses pengajuan KPR ; maka anda dapat mengajukan KPR tersebut ke beberapa bank. Anda dapat memilih bank tercepat yang memberikan kemudahan terhadap proses pengajuan KPR dengan sedikit resiko bahwa anda akan dikenakan biaya survey oleh masing-masing bank dimana anda mengajukan KPR tersebut.

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu