• +62 817 18 3232 mayko.sugianto@gmail.com maykohanz

Your search results

Tips dan cara menjauhkan anak dari bahaya listrik di rumah

Posted by Mayko-Sugianto on December 4, 2016
| Blog
| 0

Anak anak biasanya selalu penasaran pada benda benda orang dewasa , termasuk peralatan elektronik yang menggunakan listrik.Yang mengkhawatirkan, kebanyakan dari mereka belum mengetahui bahayanya listrik.

Dan sebagai orangtua, alangkah baiknya jika kita mulai memberikan informasi yang memadai kepada anak-anak tentang bahaya listrik. Ya, mengingat risiko yang ditimbulkan bisa mengakibatkan kematian. Selain itu juga mengajarkan bagaimana menggunakan colokan listrik dan perlengkapan elektronik lainnya di rumah dengan aman.

Berikut ini saya menjelaskan tentang bahaya dan penggunaan listrik yang benar untuk anak anak 

Tips dan cara menjauhkan anak dari bahaya listrik di rumah

Tips dan cara menjauhkan anak dari bahaya listrik di rumah

1. Adakan sebuah rapat keluarga

Buatlah satu sesi khusus, misalnya dengan berdiskusi seputar bagaimana anak-anak menghadapi barang elektronik dan colokan listrik di rumah agar tetap aman. Cara penyampaian informasinya sebaiknya juga disesuaikan dengan umur anak.

2. Bicara kepada anak bagaimana listrik bekerja

Periksa kabel listrik yang ada di sekitar rumah dan ceritakan bagaimana Perusahaan Listrik Negara (PLN) berupaya agar kabel-kabel tersebut tidak membahayakan warga. Ajak juga anak keliling rumah untuk mengetahui bagian rumah mana saja yang membutuhkan listrik.

Tunjukan kepada mereka bagaimana penggunaan listrik yang benar  dan ingatkan untuk selalu meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli. Ingatkan juga agar mereka tidak memasukan apapun kedalam lubang yang bermuatan listrik tersebut dan jika 

3. Ingatkan anak bahwa air bisa membuat listrik menjadi lebih berbahaya

Berikan informasi kepada anak-anak bahwa semua perlengkapan elektronik yang tidak digunakan harus dilepas colokan listriknya. Hal ini dilakukan untuk mencegah bila ada kebocoran atau bahkan banjir di dalam rumah. semua perlengkapan listrik harus di jauhkan dari dekat air 

4. Jangan mencolokkan barang elektronik terlalu banyak

Pada satu lubang colokan sumber daya listrik, upayakan agar tidak terlalu banyak mencolokkan barang elektronik dalam waktu bersamaan. Hal ini karena adanya resiko percikan listrik yang dapat mengakibatkan kebakaran.

Selalu ingatkan untuk mencabut barang elektronik yang sudah tidak digunakan. Dan bagi orangtua, Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan listrik di rumah :

  • Hindari menyalakan barang elektronik seperti pengering rambut dan meninggalkannya dalam kamar, karena anak akan tertarik untuk memainkannya.
  • Jangan letakkan minuman di dekat barang elektronik seperti komputer, televisi, radio, dan juga pengeras suara karena berbahaya bila tersenggol anak.
  • Setelah mandi, pastikan anak dalam keadaan kering sebelum mulai mengelilingi rumah dan menyentuh berbagai perabotan di rumah.
  • Ketika mencabut colokan, pegang bagian ujungnya dan bukan kabelnya. Cara ini dapat mencegah kabel listrik menjadi cepat rusak.
  • Jangan biarkan kabel listrik terjepit pintu, jendela atau di bawah perabotan seperti kursi dan meja.

Baca juga artikel lainnya yuk 

Tips dan cara memilih lampu kamar untuk sang anak agar anak kreativ

 

shop giay nuthoi trang f5Responsive WordPress Themenha cap 4 nong thongiay cao gotgiay nu 2015mau biet thu deptoc dephouse beautifulgiay the thao nugiay luoi nu